EnglishIndonesian
allammedica watches for men
Terima Insentif RSPO
Terima Insentif RSPO

APBML Kucurkan Beasiswa untuk 100 Anak

 

APBML (Asosiasi Petani Swadaya Berkah Mandah Lestari) adalah Asosiasi Petani Swadaya yang bersertifikat RSPO sejak tahun 2019 lalu. Asosiasi ini beroperasi di Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, propinsi Jambi. Dengan jumlah anggota mencapai 291 petani dengan luas lahan 707 Ha, yang tersebar di delapan desa di dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Batang Asam dan Kecamatan Tungkal Ulu, Asosiasi ini memiliki banyak inovasi yang dikembangkan untuk anggotanya. Dari Inovasi perlindungan NKT berupa air terjun yang berlokasi di areal mereka, hingga bantuan sumbangan untuk Sekolah dan Pesantren yang ada di wilayah kerja Asosiasi dan anggota Asosiasi.

Tahun ini, APBML memiliki program rutin yaitu program Beasiswa, untuk membantu anak-anak usia sekolah dari tingkat SD hingga Perguruan Tinggi. Program ini bertujuan agar anak-anak usia sekolah tetap dapat melanjutkan sekolahnya hingga selesai, karena di beberapa desa disekitar, banyak sekali anak-anak usia sekolah tidak melanjutkan sekolah karena factor ekonomi dan akses.

Program Beasiswa ini menyediakan dana sekitar Rp 60 Juta pertahun untuk anak-anak dengan bagian Rp 500.000-1.000.000/tahun/orang anak. Ada sekitar 100 orang anak dengan usia sekolah yang dapat dijangkau oleh program ini. Dana ini adalah kontribusi dari dana insentif penjualan Kredit RSPO yang mereka terima tiap tahun. Rata-rata penerimaan APBML dari penjualan Kredit RSPO adalah mencapai 66.350 US$/ tahun atau setara dengan Rp 962.000.000/tahun.

“Beasiswa yang kami salurkan ini, adalah khusus untuk  anak-anak usia sekolah di wilayah kerja kami, agar anak-anak dapat terus bersekolah sampai selesai. Karena diwilayah kami ini, banyak anak-anak yang putus sekolah karena alasan ekonomi dan juga terbatasnya jumlah sekolah diwilayah kami. Beberapa waktu lalu, kami juga memberikan bantuan kepada sekolah-sekolah dan pesantren yang ada diwilayah kami, dan kali ini kami menyediakan Beasiswa untuk anak-anak, dan program ini akan kami gulirkan setiap tahun, agar anak-anak tetap dapat bersekolah baik diwilayah Tungkal Ulu ini maupun dikota Jambi.” Ungkap Ardiansyah, Manager APBML.

“Kami sangat berterima kasih, atas dukungan pembeli kepada kami, dengan membeli kredit RSPO kami, karena kami dapat membantu anak-anak di wilayah kami, agar mereka tetap dapat melanjutkan sekolah dan mendapatkan pendidikan yang layak.” Sambung pak Suseno, anggota APBML.

Sertifikasi telah memberikan manfaat baik bagi APBML melalui insentif, dan insentif pula telah menjadikan cita-cita RSPO yang tidak hanya mengusung perlindungan lingkungan, perbaikan produksi, tapi juga mendorong perlindungan hak anak. Sangat jelas, bahwa program Beasiswa yang digagas oleh APBML ini adalah salah satu cara untuk mengurangi peluang anak-anak  usia sekolah berkerja di kebun sawit untuk membantu orang tua atau anak-anak usia sekolah berkerja di pabrik.



Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)